Cara Mengatasi Crash Pada Game PC

Cara Efektif Mengatasi Crash pada Game PC

Siapa yang nggak sebel kalau lagi asyik main game tiba-tiba crash? Crashing bisa merusak pengalaman bermain dan bikin kamu rugi waktu. Nah, buat kamu yang sering mengalami masalah ini, berikut beberapa cara mengatasi crash pada game PC yang bisa dicoba:

1. Pastikan Spesifikasi PC Kamu Memenuhi Persyaratan Sistem

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mengecek apakah spesifikasi PC kamu memenuhi persyaratan sistem game yang ingin dimainkan. Jika spesifikasi PC kamu terlalu rendah, kemungkinan besar game akan mengalami crash. Cek persyaratan sistem game di situs resmi atau halaman toko online tempat kamu membelinya.

2. Update Driver Grafis

Driver grafis yang outdated atau rusak bisa menyebabkan masalah crash pada game. Pastikan kamu selalu mengupdate driver grafis ke versi terbaru. Kamu bisa mendownload driver terbaru dari situs resmi produsen kartu grafis kamu, seperti NVIDIA atau AMD.

3. Tutup Aplikasi dan Program yang Tidak Diperlukan

Saat bermain game, tutup semua aplikasi dan program yang tidak kamu gunakan. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan memori dan sumber daya CPU yang dibutuhkan game. Terutama program yang menguras banyak sumber daya, seperti browser dengan banyak tab terbuka atau aplikasi streaming musik.

4. Lakukan Pemindaian Malware

Malware atau virus bisa merusak file game atau sistem operasi kamu, sehingga menyebabkan game crash. Lakukan pemindaian malware secara berkala menggunakan antivirus yang terpercaya. Jika ditemukan malware, langsung hapus aja buat jaga-jaga.

5. Ganti Nama Folder Dokumen

Cara yang agak aneh tapi ternyata bisa mengatasi crash pada beberapa game adalah mengubah nama folder "Documents". Folder ini menyimpan banyak file konfigurasi game. Mungkin saja ada file yang rusak yang menyebabkan game crash. Coba ubah nama folder "Documents" menjadi "Documents Lama".

6. Jalankan SFC Scan

SFC Scan (System File Checker) adalah alat bawaan Windows yang bisa memindai dan memperbaiki file sistem yang rusak. Crash pada game bisa disebabkan oleh file sistem Windows yang corrupt. Jalankan SFC Scan dengan membuka Command Prompt (CMD) sebagai administrator dan ketik perintah sfc /scannow.

7. Reinstall Game

Kalau cara-cara di atas belum berhasil, kamu bisa mencoba menginstal ulang game. Pastikan kamu menghapus semua file game yang lama sebelum menginstalnya kembali. Saat menginstal, pastikan koneksi internet kamu stabil untuk menghindari file yang rusak.

8. Tes Memori

Crash pada game bisa saja disebabkan oleh memori RAM yang rusak. Kamu bisa melakukan tes memori menggunakan software seperti MemTest86+ untuk mendeteksinya. Jika ditemukan memori yang rusak, sebaiknya segera diganti.

9. Overclocking yang Berlebihan

Jika kamu pernah melakukan overclocking pada CPU atau GPU, coba kembalikan ke pengaturan default. Overclocking yang berlebihan bisa menyebabkan ketidakstabilan sistem dan crash pada game.

10. Hubungi Developer

Kalau semua cara di atas udah dicoba tapi masih crash, kamu bisa menghubungi developer game. Biasanya mereka punya forum atau halaman dukungan tempat kamu bisa melaporkan bugs dan masalah lainnya. Siapa tahu mereka punya solusi khusus untuk kasus yang kamu alami.

Ingat, penyebab crash pada game bisa berbeda-beda tergantung pada game itu sendiri dan spesifikasi PC kamu. Coba lakukan beberapa cara di atas dan semoga masalah crash pada game kamu teratasi. Selamat bermain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *