Cara Mengatasi Lag Pada Game PC

Cara Jitu dan Gaul Mengatasi Kelambatan Pada Game PC

Siapa sih yang nggak sebel kalau lagi seru-seruan main game, eh tiba-tiba lemot alias lag? Game yang tadinya asyik seketika jadi nggak asyik karena jalannya nggak mulus. Tapi tenang, jangan langsung emosi dulu, karena ada beberapa cara yang bisa lo coba untuk mengatasi kelambatan pada game PC.

1. Cek Koneksi Internet

Kalau lagi main game online, koneksi internet yang buruk bisa jadi penyebab utama lag. Makanya, pastikan koneksi internet lo stabil dan nggak angin-anginan. Lo bisa coba tes kecepatan internet lo menggunakan aplikasi seperti Speedtest. Kalau hasilnya di bawah 5 Mbps, bisa jadi itu yang bikin game lo jadi lemot.

2. Tutup Aplikasi Berjalan

Aplikasi lain yang lagi berjalan di background bisa nyerobot bandwidth internet lo, sehingga bikin game lo lag. Coba tutup aplikasi yang nggak penting, kayak browser atau aplikasi media sosial, supaya koneksi internet lo lebih fokus ke game yang lagi lo mainkan.

3. Update Driver Grafik

Driver grafik yang usang juga bisa ngaruh banget ke performa game lo. Makanya, pastikan driver grafik lo selalu up to date. Lo bisa cek dan download driver terbaru langsung dari situs resmi vendor kartu grafis lo.

4. Tweak Pengaturan Game

Beberapa game punya pengaturan grafis yang bisa lo tweak supaya lebih enteng di PC lo. Misalnya, lo bisa turunin resolusi game atau kurangi kualitas tekstur. Meskipun settingan grafis jadi lebih rendah, tapi setidaknya game lo bakal jalan lebih lancar.

5. Bersihkan Registry

Registry adalah database yang menyimpan pengaturan sistem Windows. Seiring waktu, registry bisa jadi berantakan karena banyaknya aplikasi yang terinstal dan dihapus. Hal ini bisa bikin PC lo jadi lebih lambat, termasuk saat lo main game. Coba bersihkan registry menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner atau RegSeeker.

6. Defragmentasi Hard Disk

Defragmentasi hard disk bisa bikin game load lebih cepat dan mengurangi lag. Proses defragmentasi ini akan menyusun ulang file-file yang tersebar di hard disk lo supaya lebih rapi dan mudah diakses. Lo bisa defragmentasi hard disk menggunakan fitur built-in Windows atau aplikasi pihak ketiga.

7. Tambah RAM

RAM (Random Access Memory) adalah komponen penting yang memengaruhi performa game. Kalau RAM lo terlalu kecil, game lo bisa jadi lag karena nggak ada cukup ruang buat menyimpan data-data game. Coba tambahkan kapasitas RAM lo supaya game lo jalan lebih lancar.

8. Install Game di SSD

Solid State Drive (SSD) jauh lebih cepat daripada hard disk biasa. Kalau lo install game di SSD, waktu loading game bakal lebih cepet dan mengurangi lag. Meskipun harganya memang lebih mahal, tapi worth it banget buat meningkatkan performa gaming lo.

9. Overclock CPU dan GPU

Overclocking adalah cara untuk meningkatkan kecepatan CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit) lo. Tapi, perlu diingat bahwa overclocking bisa membuat komponen-komponen lo lebih panas dan boros daya. Jadi, lakukan dengan hati-hati dan pastikan sistem pendingin lo memadai.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa lo cobain untuk mengatasi lag pada game PC. Semoga sukses! Jangan lupa juga untuk share ke temen-temen lo yang lagi ngalamin masalah yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *